Perbandingan Antara COBIT, ITIL, dan ETOM

Control Objectives for Information and related Technology (COBIT)

COBIT adalah kerangka kerja tata kelola TI dan alat bantu pendukung yang memungkinkan manajer menjembatani kesenjangan antara persyaratan pengendalian, masalah teknis dan risiko bisnis. COBIT memungkinkan pengembangan kebijakan yang jelas dan praktik yang baik untuk pengendalian TI di seluruh organisasi. COBIT menekankan kepatuhan terhadap peraturan, membantu organisasi untuk meningkatkan nilai yang dicapai dari TI, memungkinkan penyelarasan dan menyederhanakan implementasi kerangka kerja tata kelola dan pengendalian TI perusahaan.
COBIT 5 didasarkan pada lima prinsip utama tata kelola dan pengelolaan TI perusahaan:
    Prinsip 1: Memenuhi Kebutuhan Pemangku Kepentingan
    Prinsip 2: Meliputi Enterprise End-to-End
    Prinsip 3: Menerapkan Kerangka Kerja Tunggal dan Terpadu
    Prinsip 4: Mengaktifkan Pendekatan Holistik
    Prinsip 5: Memisahkan Tata Kelola Dari Manajemen




IT Infrastructure Library (ITIL)

ITIL adalah metodologi praktik terbaik yang diakui secara global untuk pengelolaan layanan TI yang digunakan di seluruh dunia oleh organisasi untuk memastikan bahwa layanan TI mereka selaras dengan kebutuhan bisnis mereka. ITIL memberikan panduan terpercaya tentang bagaimana bisnis dapat menggunakan layanan TI mereka untuk mendukung tujuan mereka dan memfasilitasi pertumbuhan bisnis.
Praktik terbaik ITIL saat ini dirinci dalam lima terbitan inti:
 
Strategi Layanan ITIL
Desain Layanan ITIL
Transisi Layanan ITIL
Operasi Layanan ITIL
Perbaikan Layanan Berkelanjutan ITIL.
Lima jilid ini memetakan seluruh Siklus Hidup Layanan ITIL, dimulai dengan identifikasi kebutuhan pelanggan dan pendorong kebutuhan TI, hingga disain dan implementasi layanan dan akhirnya, fase pemantauan dan perbaikan layanan.




Business Process Framework (ETOM)

Business Process Framework (ETOM) adalah katalog proses bisnis utama yang dibutuhkan untuk menjalankan keberhasilan bisnis yang berfokus pada layanan komunikasi. Ini memiliki tiga bidang proses utama, yaitu:
1. Strategi, Infrastruktur dan Produk
2. Operasi
3. Manajemen perusahaan
ETOM diciptakan untuk memberi daftar periksa kepada perusahaan telekomunikasi untuk memastikan bahwa mereka mengikuti praktik terbaik perusahaan. Topik di ETOM terbagi dalam tiga kategori: produk, strategi, dan infrastruktur. Dalam kategori ini, panduan diberikan pada pemasaran, layanan, pengembangan sumber daya, pengembangan rantai pasokan, dan manajemen di semua area ini. Standar ETOM juga mencakup operasi termasuk hubungan pelanggan, layanan, sumber daya, dan manajemen hubungan mitra pemasok. Bagian Enterprise ETOM memberikan tip mengenai perencanaan strategis, manajemen risiko, dan pengelolaan keuangan, aset, dan pengetahuan.




Perbandingan

COBIT 5 menjelaskan prinsip dan alat bantu yang mendukung perusahaan dalam memenuhi kebutuhan, khususnya yang terkait dengan penggunaan aset dan sumber daya TI di seluruh perusahaan. ITIL menjelaskan secara lebih rinci bagian IT perusahaan yang merupakan alat bantu pada manajemen layanan (aktivitas proses, struktur organisasi, dll.). ETOM menjelaskan katalog atau panduan proses bisnis yang berfokus pada layanan.






https://mamayukero.wordpress.com/2010/04/24/apa-itu-cobit/
https://www.tmforum.org/business-process-framework/
https://www.axelos.com/best-practice-solutions/itil/what-is-itil

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROGRAM PASCAL

Pengenalan Intelligent Agents (Definisi, Konsep dan Contohnya)

ARTIKEL SERVICE LEVEL AGREEMENT (SLA) DAN OPERATIONAL LEVEL AGREEMENT (OLA)